Pregnancy

Periksa kehamilan di Klinik Utama Siti Chodidjah Jaksel

Haloo teman teman semua, sebelumnya saya sudah post pengalaman saya periksa kehamilan di puskesmas kecamatan pancoran, nah selama kehamilan ini saya juga periksa kehamilan di Klinik Utama Siti Chadidjah. lokasi tepatnya di Jalan Bangka XI No. 101, Pela Mampang, Mampang Prapatan, RT.1/RW.1, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, 12720. Klinik ini tidak lagi menerima BPJS Kesehatan

Kesan pertama – Review Ruangan klinik

sedikit saya share tentang klinik utama siti chadidjah ini. berawal dari cari cari klinik bersalin di google, ketemu lah klinik ini yang kebetulan dekat dengan rumah. Rumah saya di daerah pancoran jaksel.

begitu lihat bangunannya memang terasa homey, seperti rumah. masuk dengan lepas sendal, dan di lantai 1, ada bbrp ruangan bersalinnya berdasarkan kelas, toilet, tempat bermain anak, ruang lab, dan Apotek.

naik ke lt.2, ada beberapa ruangan bersalin juga, dan ruang dokter. untuk ruang tunggu ada tv, disediakan air minum, dan menggunakan kipas angin, toilet, ruang dokter, bidan, ruang bersalin dan rawat inap menggunakan AC semua.

Screenshot_2018-11-12-15-30-44
foto diambil dari instagramnya klinik utama siti chadidjah

Screenshot_2018-11-12-15-30-52 (1)

Klinik ini hanya melayani persalinan per vaginam, tidak ada ceasar. disini juga ada bidan. pertama saya daftar ke bagian administrasi nya pas depan pintu masuk. nanti kita diminta buku Pink/ buku KIA. saat itu buku KIA saya lupa bawa, jadi diberi kartu putih kecil sbg coret coretan dokter nnti saat cek. kita diminta untuk timbang badan, tensi darah, dan mengisi pendaftaran utk pertama kali .

di klinik siti chadidjah ini memiliki periksa 2D dan 4D, praktek gigi, Lab juga, utk lengkapnya bisa cek instagramnya atau googling yaa .. untuk sekelas klinik, lumayan lengkap utk USG nya karena kalau dibandingkan dengan RS Jakarta Medical Centre dan RSU Andhika depok belum ada USG 4D nya.

Review Dokter Kandungan

tujuan saya kesini ingin cek kandungan 2D, dokter saat itu adanya Dr. Herman Sasongko SPOG, dan sampai sekarang saya dengan beliau. Antrian di klinik ini tidak begitu panjang. Prakter dokter mulai jam 9 pagi, datang setengah jam sebelumnya masih bisa dapat nomor antrian awal. Untuk sekarang juga bisa daftar via whatsapp sehari sebelumnya. Dokter Herman sasongko ini praktek juga di RSIA ASIH, dan RS Prikasih. katanya kalau nnti persalinan ceasar dirujuk ke 2 rs ini, yang ada bpjs adalah rs prikasih, tetapi mungkin nanti bisa minta yang lebih dekat saja.

setelah pendaftaran, kita menuju ruang dokter di lt. 2, masuk ke ruangan di sambut oleh dokter Herman, dan ditanya keluhan apa dsb, lalu cek usg. Dokter Herman Sasongko ini yang saya lihat orangnya cukup cepat dan  lugas menjelaskan. kalau ini saya tidak mempermasalahkan, yang terpenting kondisi janin sudah terlihat normal dan sehat, memang kita sebaiknya harus yang aktif dalam bertanya, beberapa pertanyaan yang prnh saya tanyakan, tetap beliau jawab dengan detail dan jelas tidak berbelit belit. Dan beliau orang yang ramah dan tidak profit minded ( ini yang penting). dan kata orang sih beliau pro normal, pro imd dan pro asi. kenapa saya blg tidak profit minded karena beliau tidak memberikan vitamin yang tidak perlu dan mahal. saya prnh bertanya dok perlu ganti vitamin ga atau tmbah vitamin jenis lain, beliau blg tidak perlu, itu sudah lengkap. karena kalau lihat pengalaman teman teman, malah yang mahal adalah vitamin nya bs 1x kontrol habis 800rb, 1jt an , dan yang saya dapat di kls pelatihan kehamilan tmpt lain pun, sebenarnya vitamin yang sesungguhnya itu dari apa yang kita makan, itu jauhh lebih baik.

Review Bidan & Suster

walaupun saya belum mencoba untuk kontrol di bidannya, tetapi ada waktu saya pernah ngobrol bidannya saat bidan berasa diluar ruangan. sebenarnya awal nanya kirain beliau bukan bidan hehe .. ada bbrp hal tentang kehamilan yang saya tanya ke beliau, saya belum tau nama bidan nya siapa, beliau sangat sangat detail bahkan disisipi sejarah kehamilan org jaman dulu, ramah, dan humble. Suster dan bagian administrasinya pun baik, ramah, humble, sigap, jauh dari kata jutek, cuek, suka kasih semangat dan saran saran tentang kehamilan juga.

kekurangannya itu aja sih ruang tunggu yang masih pakai kipas angin dan toiletnya yang kurang bersih. mungkin nanti bisa ditingkatkan kembali fasilitasnya.

Untuk pelayanan wah kekeluargaan banget dan yang pasti sudah kompeten, karena klinik ini berdirinya juga sudah lama .. ada yang sudah melahirkan disini dari anak pertama sampai anak ketiga. dan di tanya pun mereka puas dengan pelayanan dsni. Biaya melahirkan disini 3,5juta dgn dokter dan 2,2jt dengan bidan (ini utk kelas 3 nya). untuk kls 2 dan kls 1 belum tau brp.

saya pun ada rencana untuk melahirkan disini, tetapi masih memantapkan pilihan , second opinion mau coba di Rumah sakit, yaitu di RS JMC warung buncit. mungkin nanti saya bisa share di postingan selanjutnya..

rincian biaya kontrol kehamilan

  • USG 2D Print + Konsul Dokter : Rp 220.000
  • Vitamin (promavit + eazycal) : kisaran 44rb + 175rb klo ga salah
  • waktu usia kehamilan 1- 4 bln saya diresepin obat penguat, jd 1x kontrol bs 550rb an
  • sekarang sdh tdk minum obat penguat , 430 rb an
  • kalau blm ada buku KIA, beli harganya 25 rb  (info dari saudara)

sebenarnya akan lebih enak kalau tidak mengeluarkan biaya ya, seperti di puskesmas hehe.. tetapi sayangnya BPJS Kesehatan tidak mengcover biaya USG, alias mandiri. Bpjs hanya mengcover USG atas indikasi medis yang dirujuk, jadi kita tidak bisa minta sendiri untuk USG.

Tetapi hasil dari survey saya sejauh ini, seperti rs jmc, rs budhi jaya, rs bwcc jagakarsa, rs andhika depok, rs tebet, rs brawijaya durentiga, . biaya USG di klinik siti chodijah ini lebih murah dibandingkan rs dan klinik swasta lainnya. mungkin ada teman teman pembaca yang mempunyai pengalaman usg lebih murah lagi, atau tau klinik bersalin lain disekitar jaksel, bisa komen yaa .. terimakasih semoga sharing ini bermanfaat dan Happy Pregnancy 🙂

Satu tanggapan untuk “Periksa kehamilan di Klinik Utama Siti Chodidjah Jaksel”

Tinggalkan komentar